Minggu, 04 Agustus 2019

PANITIA QURBAN MASJID ASY-SYIFA SELENGGARAKAN RAPAT PERSIAPAN

Foto: (dari kiri) Samsuhono, M.Faisal, Pitoyo, M. Romli Filfil, Ipnuri Fatah,
Yuwono Hedro K, H. Achmad Djunaedi, Agus Badrujaman, dan Wawan Setiawan
Komplek-cipto.blogspot.com – (6/8) Ketua DKM Masjid Asy-Syifa, Yuwono Hendro Kartomo memimpin rapat koordinasi panitia Idul Adha dan Qurban 1440H/ 2019H di teras masjid Asy-Syifa RW09 Perum Pegawai RCM desa Cilebut Barat kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor malam ini, Minggu (6/8/2019). Rapat dibuka oleh sekretaris panitia Mohamad Soleh jam 20:30 dan ditutup dengan do’a oleh Drs. Ashadi tepat jam 22:00 wib.

Selain ketua DKM, hadir juga dalam rapat itu, diantaranya; Ipnuri Fatah, Ketua RW09 Perum Pegawai RSCM, Ketua RT01 Agus Sukma, Ketua RT04 Romi Andrian, Ketua RT05 Amar Taufiqurrahman, Ketua RT06 Sardjono, dan Ketua RT07 Mohamad Najib, hadir pula Yusnita, ketua Majelis Ta’lim Asy-Syifa bersama ibu-ibu warga RT04 yang akan mengkoordinir penyediaan komsumsi di hari H. Sedangkan ketua RT02, RT03 dan RT08 tidak hadir.

Dalam sambutannya ketua DKM Masjid Asy-Syifa, Yuwono Hendro Kartomo, menyampaikan ucapan terima kepada seluruh peserta yang hadir. Hendro juga berharap adanya peningkatan jumlah hewan qurban (Udlhiyyah) sebagai manifestasi kepercaan ummat kepada masjid.

Sambutan lainnya disampaikan oleh Ipnuri Fatah, ketua RW09. Ia memberikan apresiasi kepada kepengurusan DKM dan kepanitiaan qurban tahun ini yang telah menunjukkan kinerjanya dengan lebih baik. Ipnuri mengajak peserta rapat untuk meningkatkan kwalitas pelayanan kepada ummat, terutama pelayanan pemotongan qurban sebagai amanah dari shohibul qurban (Tadlhiyyah).

Ketua Panitia, Wawan Setiawan menyampaikan progress perolehan hewan qurban sampai menjelang acara rapat dimulai, ada 69 warga yang sudah tercatat sebagai tadlhiyyah atau shohibul qurban. Di masjid itu shohibul qurban familiar disebut muqorrobin. 1 sapi dari RS dr Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Dan 3 ekor sapi dari RT02 dan RT08 dan keluarga Wasmo. Jadi jumlah sapi yang akan dipotong oleh panitia sudah ada 14 ekor sapi. 

InsyaAllah jumlah hewan qurban akan terus bertambah sampai hari H pelaksanaan qurban”, kata Agus Badrujaman dan Muharman, anggota panitia.

Mewakili Ketua RT04 yang pada saat rapat kurang sehat, H.Achmad Djunadi menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seuruh warga dan jamaah masjid yang telah memberi kepercayaan kepada RT04 untuk menjadi panitia pelaksan qurban tahun ini. “Mohon jangan segan untuk membari masukan kepada kami demi perbaikan pelaksanaan”, tambah H.Achmad Djunaedi

Acara rapat yang dipandu oleh Mohamad soleh juga membahas tentang teknis pelaksanaan qurban. Mulai dari menetapkan tim potong sampai pendistribusian.

Wahyu Tri Wibowo, selaku penanggungjawab racik, menjelaskan mekanisme kerja tim racik sampai pengemasan.  Tiap kantong besar nanti akan terdiri dari 3 kantong kecil. Masing-masing kantong kecil terdiri dari daging, tulang dan jeroannya. Setiap kantong akan di-isi sekitar 3/4kg daging murni, selain tulang dan jeroan di kantong yang lain.

Perihal pengelolaan kulit masih menjadi bahan diskusi yang menyita perhatian peserta rapat. Namun ketua DKM dan ketua RW memastikan akan terus dilakukan perbaikan yang sesuai dengan syarit qurban.

Mohamad Soleh juga membacakan susunan kepanitian yang berjumlah lebih dari 200 orang. Untuk pembuatan kupon pengambilan daging qurban masih jumlahnya masih mengunggu daftar penerima daging qurban dari tiap-tiap ketua RT. (Noer69

1 komentar: